16 Maret 2008

12 JENIS CINTA



Sebagian besar dari kebutuhan-kebutuhan emosional kita yang kompleks bisa diringkas sebagai kebutuhan untuk cinta, tulis John Gray dalam buku terlarisnya, Men are from Mars, Women are from Venus.

Perempuan perlu menerima:
  • Kasih sayang dan perhatian
  • Pengertian
  • Respek atau dihormati
  • Kesetiaan
  • Pengakuan atas hak-haknya
  • Ketentraman hati

Laki-laki perlu menerima:
  • Kepercayaan
  • Penerimaan
  • Dihargai
  • Dibanggakan atau dikagumi
  • Pernyataan puas
  • Dorongan

1. Kasih sayang dan perhatian vs Kepercayaan
Perempuan akan merasa disayang dan diperhatikan jika pria menunjukkan tertarik pada perasaan-perasaan dan memperhatikan kesejahteraannya. Lalu mengungkapkan rasa percaya pada kemampuan-kemampuan dan maksud-maksud dari pria tersebut. Dengan demikian, kebutuhan cinta yang pertama dari pria jadi terpenuhi.

2. Pengertian vs Penerimaan
Jika pria mendengarkan tanpa mengadili, tapi dengan empati saat perempuan menyatakan perasaan-perasaannya, si perempuan merasa didengarkan dan dimengerti. Perilaku yang mau mengerti tidak menganggap telah tahu pikiran-pikiran atau perasaan-perasaan seseorang. Jika seorang perempuan menerima pria dengan penuh kasih sayang dan tidak berusaha untuk mengubahnya, si pria merasa dicintai. Ini menandakan, si perempuan percaya kepada pria untuk memperbaiki dan meningkatkan diri.

3. Dihormati vs Dihargai
Perempuan akan merasa dihormati jika pria merespon pernyataan-pernyataannya, memprioritaskan hak-haknya,harapan-harapan dan kebutuhan-kebutuhannya. Dan perempuan akan jadi jauh lebih mudah memberikan penghargaan yang layak kepada pria. Jika pria dihargai, dia tahu usaha-usahanya tidak sia-sia dan mersa mendapat dorongan untuk memberi lebih.

4. Kesetiaan vs Dikagumi
Perempuan akan berkembang jika mersa disayang. Pria bisa memenuhi kebutuhan ini jika dia lebih mementingkan perempuannya dibanding minat-minatnya yang lain seperti bekerja, studi, dan rekreasi. Jika perempuan mersa dijadikan prioritas utama oleh prianya, dia bisa dengan lebih mudah kagum dan bangga pada prianya. Jika pria mersa dikagumi, dia mersa cukup aman untuk setia pada perempuan.

5. Pengakuan atas hak vs Pernyatan puas
dia merasa dicintai. Perilaku pria yang seperti ini menegaskan bahwa perempuan boleh merasa seperti yang diinginkannya Jika perempuan merasa perasaan-perasaan dan keseriusannya diterima, diperhatikan pria,. Jauh di dalam lubuk hati setiap pria ingin menjadi ksatria berpedang untuk perempuannya. Sikap perempuan yang menyatakan puas berarti menghargai kebaikan-kebaikan pria. Jika pria menerima pernyatan puas yang diperlukannya, dia akan jadi lebih mudah memperhatikan perasaan-perasaan perempuan.

6. Ketentraman vs DoronganPria berpikir, jika dia sudah memenuhi semua kebutuhan cinta primer perempuan, seharusnya sejak itu si perempuan sudah tahu bahwa dia dicintai. Tapi untuk memenuhi kebutuhan cinta perempuan yang ke-6, si pria harus terus menentramkan hatinya lagi dan lagi. Sama juga dengan kebutuhan pria akan dorongan-dorongan dari perempuan. Perilaku ini memberikan harapan dan kekuatan. Hal ini mendorong pria untuk mencapai semua yang bisa dicapainya

Tidak ada komentar: